Pengertian Tentang Tanda Tangan Elektronik

See the source image

Tanda tangan elektronik adalah indikasi elektronik dari niat seseorang untuk menyetujui isi dokumen atau kumpulan knowledge yang terkait dengan tanda tangan tersebut. Seperti rekan tulisan tangannya di dunia offline, tanda tangan elektronik adalah konsep hukum yang menangkap maksud penandatangan untuk terikat oleh persyaratan dokumen yang ditandatangani.

Tiga jenis tanda tangan elektronik

Peraturan eIDAS mendefinisikan tiga tingkat tanda tangan elektronik: tanda tangan elektronik ‘sederhana’, tanda tangan elektronik tingkat lanjut dan tanda tangan elektronik yang memenuhi syarat. Persyaratan setiap stage dibangun di atas persyaratan stage di bawahnya, sehingga tanda tangan elektronik yang memenuhi syarat memenuhi sebagian besar persyaratan dan tanda tangan elektronik ‘sederhana’ paling sedikit.

Tanda Tangan Elektronik Sederhana

Yang dimaksud dengan tanda tangan elektronik adalah “knowledge dalam bentuk elektronik yang dilampirkan atau dihubungkan secara logis dengan knowledge lain dalam bentuk elektronik dan yang digunakan oleh penandatangan untuk menandatangani” ( eIDAS Pasal 3 ). Jadi, sesuatu yang sederhana seperti menulis nama Anda di bawah electronic mail mungkin merupakan tanda tangan elektronik.

Tanda Tangan Elektronik Lanjutan

Tanda tangan elektronik lanjutan ( eIDAS Pasal 3 ) adalah tanda tangan elektronik yang selain itu:

terkait secara unik dan mampu mengidentifikasi penandatangan;

dibuat dengan cara yang memungkinkan penandatangan untuk mempertahankan kendali;

ditautkan ke dokumen sedemikian rupa sehingga setiap perubahan knowledge berikutnya dapat dideteksi.

Teknologi yang paling umum digunakan yang dapat menyediakan fitur-fitur ini adalah penggunaan infrastruktur kunci publik (PKI), yang melibatkan penggunaan sertifikat dan kunci kriptografi.

Tanda Tangan Elektronik Berkualitas

Tanda tangan elektronik yang memenuhi syarat ( eIDAS Pasal 3 ) adalah tanda tangan elektronik tingkat lanjut yang merupakan tambahan:

dibuat oleh perangkat pembuat tanda tangan yang memenuhi syarat;

dan didasarkan pada sertifikat yang memenuhi syarat untuk tanda tangan elektronik.

Perangkat pembuatan tanda tangan datang dalam berbagai bentuk untuk melindungi knowledge pembuatan tanda tangan elektronik dari penandatangan, seperti kartu pintar, kartu SIM, stik USB. “Perangkat pembuat tanda tangan jarak jauh” juga dapat digunakan jika perangkat tidak secara fisik dimiliki oleh penanda tangan, tetapi dikelola oleh penyedia. Solusi tanda tangan berkualitas jarak jauh tersebut menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan tetap menjaga kepastian hukum yang ditawarkan oleh tanda tangan elektronik yang memenuhi syarat.

Sertifikat yang memenuhi syarat untuk tanda tangan elektronik disediakan oleh penyedia (publik dan swasta) yang telah diberikan standing kualifikasi oleh otoritas kompeten nasional seperti yang ditunjukkan dalam ‘daftar tepercaya’ nasional Negara Anggota UE. Daftar tersebut dapat diakses melalui  Trusted Checklist Browser . Banyak penyedia sertifikat yang memenuhi syarat akan mengirimkan kunci pribadi yang sesuai pada perangkat pembuatan tanda tangan yang memenuhi syarat.

Sementara tingkat tanda tangan elektronik yang berbeda mungkin sesuai dalam konteks yang berbeda, hanya tanda tangan elektronik yang memenuhi syarat yang secara eksplisit diakui memiliki efek hukum yang setara dengan tanda tangan tulisan tangan di seluruh UE.

Kapan menggunakan tanda tangan elektronik?

Tanda tangan elektronik dapat digunakan dalam berbagai situasi. Karena efek hukumnya setara dengan tanda tangan tulisan tangan, tanda tangan elektronik yang memenuhi syarat dapat digunakan dalam situasi apa pun, bahkan lintas batas, di mana tanda tangan tulisan tangan digunakan, seperti:

Kontrak (penjualan, pekerjaan, sewa, asuransi, dll.)

Transaksi (e-commerce, perbankan on-line, dll.)

Prosedur administrasi(pernyataan pajak, permintaan akta kelahiran, dll.

Tanda tangan elektronik di Uni Eropa

Tanda tangan elektronik pertama kali diakui dalam undang-undang Eropa melalui  Pedoman tentang kerangka kerja Komunitas untuk tanda tangan elektronik (Petunjuk eSignature) yang  diadopsi pada tahun 1999. Sejak 1 Juli 2016, tanda tangan elektronik di UE diatur oleh  Peraturan Layanan Identifikasi dan Kepercayaan Elektronik. eIDAS menyediakan lingkungan peraturan yang dapat diprediksi yang secara langsung berlaku untuk semua Negara Anggota UE untuk memungkinkan interaksi elektronik yang aman dan lancar antara bisnis, warga negara, dan otoritas publik.